Langsung ke konten utama

Mengenal Tampilan dan fungsi-fungsi bagian di dalam Scratch

 Pendahuluan

berikut tampilan awal scratch













Oks. pada blog kali ini kita akan bahas tentang tampilan dan fitur-fitur dari Scratch.

di dalam sebuah proyek Scratch terdapat sprite yang akan diisi oleh script maupun audio, lalu apa itu Sprite ?

Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram. Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang dirancang agar tampil interaktif seperti bergerak, memiliki suara dan lain-lain. Gambar Sprite Default adalah “Kucing Orange”. Sprite kucing ini bisa diganti dengan gambar lainnya.

sprite default
sprite default

Scratch Development Environment

Keterangan
1. Menu
Anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan proyek yang anda buat, mengganti bahasa atau mencari tutorials.

2. Scripts/Deskripsi Blok
Pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok pada kode (scripts) memiliki fungsi- fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah Motion, Looks, Sound, Events, Control, Sensing, Operators, Variables, My Blocks.

  • Motion (Gerakan), di gunakan untuk menggerakan sprite, misalnya perintah “move 10 step” untuk menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.

    contoh scripts motion
  • Looks (Tampilan), digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. misalnya mengganti kostum pada sprite atau mengganti background.

    contoh scripts look
  • Sound (Suara), digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage seperti memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.

    contoh scripts sound
  • Events (Kejadian), digunakan untuk mengatur script atau kode pada sprite untuk berjalan. Misalnya saja, ketika bendera (warna hijau) di klik, maka semua script atau kode akan berjalan.

    contoh scripts events
  • Control (Kontrol), berfungsi untuk mengontrol kode agar berjalan. Contohnya “repeat 10” yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali.

    contoh scripts control
  • Sensing (Sensor), berfungsi untuk memberikan sensor pada perintah yang digunakan. contohnya perintah “touching color brown” jika di gabungkan dengan blok if maka perintah tersebut akan menjadi : “jika menyentuk warna coklat, maka lakukan perintah di bawah ini (Perintah di dalam blok if)

    contoh scripts sensing
  • Operators (Operator), berfungsi untuk operasi matematika.

    scripts operators
  • Variabels (Variabel), berfungsi untuk mengatur variabel.

    contoh scripts variables
  • Pada bagian My Block, Anda dapat membuat baru blok sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Script Area
Inilah tempat dimana anda dapat menerapkan script atau kode terhadap Sprite yang anda tampilkan.

4. Canvas
Blok blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan atau tampil di canvas ini (bisa juga di sebut window). di dalam canvas terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan memberhentikan program.

5. Sprite list
Tempat dimana anda bisa mengatur dan mengganti tampilan sprite. sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang di rancang agar menjadi interaktif. seperti bergerak, memiliki suara, dan lain lain.

menu sprite
menu sprite

Kalian juga bisa mengganti dan menambah sprite di menu “new sprite” dan pilih “choose sprite from library”. di sana akan ada banyak pilihan sprite yang telah disediakan scratch.  Atau bisa juga menggunakan sprite di luar scratch. Pilih menu “upload sprite from file”

Pilihan Sprite
Pilihan Sprite

5. Stage/ Background

Backdrop adalah gambar latar belakang pada canvasbackdrop bisa di ganti di bagian “Stage” yang terletak sebelah kanan dari tempat sprite.

pada menu “new backdrop” kalian bisa pilih backdrop yang sudah di sediakan scratch, yaitu di “choose backdrop from library”, atau bisa juga memilih backdrop yang ada di luar scratch. pilih “upload backdrop from file”.

pilihan background

Drag & Drop 

Setelah kalian mengenal Scratch Development Environment, sekarang saatnya kalian memprogram!

gimana caranya? kita hanya perlu drag dan drop blok blok kode tersebut. namun yang perlu di catat adalah rangkaian blok tersebut harus sesuai dengan logika yang benar.

berikut adalah contoh sederhana. Animasi bola yang bergerak dan memantul secara terus menerus.

drag and drop blok blok kode yang tersedia sehingga membentuk sebuah logika yang dapat di eksekusi.
contoh script program sederhana
  • gerakkan bola basketnya 10 langkah (move 10 steps)
  • jika menyentuh tepi, pantulkan bola tersebut. (if on edge, bounce)
  • Jalankan blok blok kode di dalam forever secerara terus menerus(forever)

jika dijalankan maka akan terlihat seperti berikut ini.

 Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut


Untuk kali ini tugasnya libur dulu, kalian pelajari materi diatas kalo perlu boleh kalian catat di buku tulis
terimakasih . tetap semangatzz ya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRACER STUDY

Assalamu’alaikum Wr.Wb UPTD SMP Negeri 21 Depok yang sampai saat ini selalu berusaha menjamin layanan Pendidikan yang bermutu, baik aspek mutu lulusan, proses, pembelajaran maupun pengelolaan Pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan maka kami mohon kepada segenap pemangku kepentingan untuk mengisi kuesioner penelusuran mutu lulusan (Tracer Study). Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.wb Kepala Sekolah     Asep Enang Mulyana, S. Pd NIP. 196409281988031004 Terima kasih atas partisipasi Saudara/I, salam sehat sukses berkas selalu untuk Alumni SMP Negeri 21 Depok