Langsung ke konten utama

OPERASI DASAR PADA SISTEM OPERASI WINDOWS

 Sistem operasi (Operating System) adalah sekumpulan dari beberapa perintah atau instruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dan merupakan sebuah softwae system yang bertugas melakukan kontrol, mengelola hardware, serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan software aplikasi. Sedangkan fungsi utama dari sistem operasi diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Pengaturan peripheral

Periferal artinya perangkat keras tambahan seperti printer, monitor dan speaker. Terkadang dengan adanya periferal ini akan mempengaruhi kinerja dan performa dari komputer, maka harus dilakukan pengaturan-pengaturan terhadap periferal tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : o Klik Start pada taskbar o Klik Control Panel o Klik All Control Panel Item o Tunggu beberapa saat sampai muncul dialog Control Panel dilayar monitor, seperti gambar dibawah ini. 












Gambar : 2.6 Tampilan Control Panel Pada Layar Monitor

Diantara periferal pada Control Panel yang perlu di lakukan pengaturan adalah monitor yang terdiri dari: a. Pengaturan Tampilan Background Untuk mengubah gambar latar belakang yang ada di desktop, bisa kita lakukan dengan cara : 

o Double klik Display pada jendela Control Panel, akan tampil dialog dari Display
































b. Pengaturan Screen Saver 

Screen Saver adalah gambar yang bergerak dinamis. Gambar ini akan tampil jika komputer di diamkan dalam beberapa waktu tertentu. Fungsi dari screen saver sendiri adalah untuk menjaga monitor agak tetap dalam kondisi baik dan untuk melindungi layar dari hantaman elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi akibat pengatuh dari medan magnet dan medan listrik didalam tabung monitor. Adapun untuk mengatur screen saver pada desktop, bisa kita lakukan dengan cara :

1.        Pengaturan File

Ketika kita ingin mencari file yang terdapat dalam komputer, maka akan menemukan kesulitan jika file-file tersebut disimpan tidak dengan teratur apalagi filenya dalam jumlah yang sangat banyak.

Windows Explorer

Untuk mengatur file-file dalam komputer bisa menggunakan Windows Explorer yang merupakan fasilitas dari Windows untuk mengelola file dan folder seperti membuat, membuka folder, menyalin, mengganti nama, menghapus file atau folder. Windows explorer ini bisa mengakses semua fasilitas yang ada didalam komputer, misalnya membuka file atau isi compact disk, membuka flash disk dan lain sebagainya.

Langkah-langkah untuk membuka Windows Explorer adalah sebagai berikut :

o    Klik Start pada taskbar

o    Klik All Programs

o    Klik Accessories

o    Klik Windows Explorer

Folder dan File

Folder adalah tempat /ruang dalam disk yang berfungsi untuk menyimpan file yang bertujuan untuk mengelompokan file berdasarkan jenis tertentu.

a.        Membuat Folder Baru

Langkah-langkah untuk membuat folder adalah sebagai berikut:

o    Buka Windows Explorer

o    Klik Drive atau folder dimana folder baru akan dibuat (Misal drive D:)

o    Klik kanan lalu pilih New

o    Klik Folder

                                                   
kemudian klik ENTER
a.   Mengganti Nama Folder atau File

Langkah-langkah untuk mengganti nama folder atau file adalah sebagai berikut

o    Buka Windows Explorer

o    Klik folder atau file yang namanya akan diganti

o    Klik kanan lalu pilih Rename


a.        Menyalin Folder atau File

Langkah-langkah untuk menyalin folder atau file adalah sebagai berikut:

o    Buka Windows Explorer

o    Klik folder atau file yang akan di salin

o    Klik kanan lalu pilih Copy

a.        Menghapus Folder atau File

Langkah-langkah untuk menghapus folder atau file adalah sebagai berikut

o    Buka Windows Explorer

o    Klik folder atau file yang akan dihapus

o    Klik kanan pada mouse

o    Pilih Delete















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tampilan dan fungsi-fungsi bagian di dalam Scratch

  Pendahuluan berikut tampilan awal scratch Oks. pada blog kali ini kita akan bahas tentang tampilan dan fitur-fitur dari Scratch. di dalam sebuah proyek Scratch terdapat sprite yang akan diisi oleh script maupun audio, lalu apa itu Sprite ? Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram . Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang dirancang agar tampil interaktif seperti bergerak, memiliki suara dan lain-lain. Gambar Sprite Default adalah “Kucing Orange”. Sprite kucing ini bisa diganti dengan gambar lainnya. sprite default Scratch Development Environment Keterangan 1. Menu Anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan proyek yang anda buat, mengganti bahasa atau mencari tutorials. 2. Scripts/Deskripsi Blok Pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok pada kode (scripts) memiliki fungsi- fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah Motion, Looks, Sou

TRACER STUDY

Assalamu’alaikum Wr.Wb UPTD SMP Negeri 21 Depok yang sampai saat ini selalu berusaha menjamin layanan Pendidikan yang bermutu, baik aspek mutu lulusan, proses, pembelajaran maupun pengelolaan Pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan maka kami mohon kepada segenap pemangku kepentingan untuk mengisi kuesioner penelusuran mutu lulusan (Tracer Study). Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.wb Kepala Sekolah     Asep Enang Mulyana, S. Pd NIP. 196409281988031004 Terima kasih atas partisipasi Saudara/I, salam sehat sukses berkas selalu untuk Alumni SMP Negeri 21 Depok