Langsung ke konten utama

SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

 Pertidaksamaan linier dua variabel yaitu suatu pertidaksamaan yang memuat dua variabel dengan pangkat tertinggi satu.

Penyelesaian dari pertidaksamaa linier dua variabel ini merupakan gambar daerah pada grafik Catesius (sumbu-XY) yang dibatasi oleh suatu garis linier

Untuk lebih jelasnya ikutilah contoh soal berikut ini :

1. Tentukanlah daerah penyelesaian pertidaksamaan linier 2x + y ≤ 6, dengan x dan y anggota real.
Jawab
Pertama kita lukis garis 2x + y = 6 dengan bantuan tabel.











Selanjutnya diambil satu titik sembarang sebagai titik uji, misalnya O(0, 0), sehingga diperoleh 2(0) + 0 = 0 ≤ 6


Jadi himpunan penyelesaiannya adalah daerah bagian kiri bawah garis 2x + y = 6.

Jika beberapa pertidaksamaan linier bergabung dalam satu sistem, maka bentuk tersebut dinamakan sistem pertidaksamaan linier, dimana himpunan penyelesaiannya merupakan irisan dari daerah penyelesaian masing-masing pertidaksamaan linier.

Untuk pemahaman lebih lanjut akan diuraikan pada contoh soal berikut ini

2. Tentukanlah daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linier :
2x + 3y ≤ 12 , x ≥ 1 , y ≥ 1
Jawab
Pertama akan dilukis garis 2x + 3y = 6, garis x= 1 dan garis y = 1 ke dalam satu tatanan koordinat Cartesius



Himpunan penyelesaiannya adalah daerah segitiga yang ada arsiran

3. Tentukanlah daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linier ;
2x + y ≤ 8 , 4x + 5y ≤ 20 , x  ≥ 0 , y ≥ 0
Jawab
Pertama akan dilukis garis 2x + y = 8 dan garis 4x + 5y = 20 ke dalam satu tatanan koordinat Cartesius



Himpunan penyelesaiannya adalah daerah segiempat yang ada arsiran

03. Tentukanlah sistem pertidaksamaan untuk dearah yang diarsir pada gambar di bawah ini.
Untuk menentukan sistem pertidaksamaan pada gambar di atas, harus ditentukan terlebih dahulu persamaan garis lurus yang menjadi batas-batas daerahnya, yakni dengan menggunakan rumus :

Sehingga sistem pertidaksamaan linier untuk gambar di atas adalah :
3x + 2y ≤ 12
x + 2y ≤ 8
x ≥ 0
y ≥ 0
Catatan : Jika kedua titik yang terletak pada garis lurus tersebut, diketahui berada pada sumbu-X dan sumbu-Y,


atau untuk cara mudahnya kalian lihat garis 1 , titik potong di sumbu y ( 0,6 ) titik potong sumbu x ( 4,0 )
berarti pertidak samaan linearnya
6x + 2y .... 6x4
6x + 2y ....24
atau disederhanakan semua dibagi 2 
3x + y .... 12
nah untuk menentukan tanda kurang dari atau lebih dari kalian liahat arsirannya, berada di aras garis atau di bawah garis. jika arsiran berada diatas garis maka tandanya adalah lebih dari sama dengan ( ≥ )
jika arsirannya berada dibawah garis maka tandanya adalah kurang dari sama dengan ( 
≤ )

SEMOGA KALIAN MENGERTI KARENA MENGERTI ITU SUSAH DAN SEMOGA ILMUNYA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tampilan dan fungsi-fungsi bagian di dalam Scratch

  Pendahuluan berikut tampilan awal scratch Oks. pada blog kali ini kita akan bahas tentang tampilan dan fitur-fitur dari Scratch. di dalam sebuah proyek Scratch terdapat sprite yang akan diisi oleh script maupun audio, lalu apa itu Sprite ? Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram . Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang dirancang agar tampil interaktif seperti bergerak, memiliki suara dan lain-lain. Gambar Sprite Default adalah “Kucing Orange”. Sprite kucing ini bisa diganti dengan gambar lainnya. sprite default Scratch Development Environment Keterangan 1. Menu Anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan proyek yang anda buat, mengganti bahasa atau mencari tutorials. 2. Scripts/Deskripsi Blok Pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok pada kode (scripts) memiliki fungsi- fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah Motion, Looks, Sou

TRACER STUDY

Assalamu’alaikum Wr.Wb UPTD SMP Negeri 21 Depok yang sampai saat ini selalu berusaha menjamin layanan Pendidikan yang bermutu, baik aspek mutu lulusan, proses, pembelajaran maupun pengelolaan Pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan maka kami mohon kepada segenap pemangku kepentingan untuk mengisi kuesioner penelusuran mutu lulusan (Tracer Study). Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.wb Kepala Sekolah     Asep Enang Mulyana, S. Pd NIP. 196409281988031004 Terima kasih atas partisipasi Saudara/I, salam sehat sukses berkas selalu untuk Alumni SMP Negeri 21 Depok