Langsung ke konten utama

INTERAKSI KOMPUTER DENGAN PERANGKAT TAMBAHAN

      Tidak dipungkiri lagi komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang  sangat penting. Peranannya dalam proses pengolahan, penyimpanan, dan  penyajian informasi sangat besar. Komponen – komponen pada komputer saling bekerja sama, sehingga dapat bekerja secara terstruktur, teliti, serta serba otomatis.Beberapa perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, komponen-komponen lainnya adalah pendukung untuk menambah fungsi komputer.

      Pada bab ini kita akan mempelajari bagaimana mengkolaborasikan komputer dengan perangkat tambahan. Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheral adalah perangkat input atau output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. Untuk menghubungkan peripheral dengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface (antar muka). Umumnya interface ini dapat dijumpai di bagian belakang cassing komputer.


A.       PEMASANGAN PERANGKAT TAMBAHAN

               Pemasangan perangkat tambahan pada komputer, perlu memperhatikan tipe-tipe port interface yang terdapat pada motherboard. Tipe port interface sangatlah banyak, pada tabel di bawah akan dijelaskan ilustrasi tipe port interface dan peripheral yang digunakan pada komputer.


No

 

Gambar

 

   Nama

 

Fungsi

 

Contoh Peripheral

 

1

 

                    

       Port Serial

 

       Port untuk berbagai peralatan serial (serial device)

 

       Mouse dan modem serial

 

2

              

 


        Port Paralel

 

       Port untuk berbagai peralatan paralel (parallel device)

 

       Printer, CD ROM eksternal

 

3


 

       Port PS/2

 

       Port untuk berbagai peralatan standar PS/2

 

       Keyboard dan Mouse PS/2

 

4

 

                

 

       Port VGA

 

       Port untuk piranti output

 

       Monitor, LCD

       Proyektor

 

5

 

              

 

       

        Port USB

 

       Port untuk berbagai peralatan USB  (Universial Serial Bus)

 

       Mouse USB     keyboard USB, dan flash disk

 

6

   

       Port Audio

 

       Port untuk berbagai peralatan audio

 

       Pengeras suara, speaker, dan line in

 

7

 

Sum

 

      Port RJ45 atau Ethernet

 

       Port untuk kabel jaringan

 

       Kabel UTP/ STP

 

8

              

 

         Port Fire Wire

 

        Port untuk menghubungkan perangkat FireWire

 

         Digital video

 

9

                 

 

       Port SCSI

 

         Port untuk   menghubungkan perangkat SCSI

 

        Printer, hard disk, tape backup


a. 
Printer

          Untuk menghubungkan perangkat tambahan berupa printer, pastikan terlebih dahulu jenis port yang akan digunakan. Pada beberapa perangkat printer, terutama printer generasi terdahulu banyak yang menggunakan port paralel, namun untuk printer dan scanner generasi sekarang banyak yang menggunakan port USB untuk menghubungkan perangkat tersebut ke komputer.

Langkah-langkah untuk menghubungkan printer dan ke komputer sebagai berikut :

o    Hubungkan kabel listrik ke printer dan ke stopkontak listrik;

o    Sambungkan kabel printer ke komputer sesuai dengan port yang digunakan;

o    Tekan tombol power pada printer;

o    Apabila printer pertama kali terhubung dengan komputer, maka kita harus menginstall terlebih dahulu perangkat lunak printer ke komputer;

Apabila perangkat lunak printer sudah terinstall, pada bagian pojok kanan bawah akan ada tanda printer sudah terhubung ke komputer dan printer sudah siap digunakan.

    b. Scanner

       Untuk menghubungkan perangkat tambahan scanner, langkah-langkah yang dilakukan sama dengan ketika kita menghubungkan perangkat tambahan printer ke komputer.

c. Proyektor

       Proyektor LCD memudahkan kita untuk berbagi informasi pada layar monitor komputer dengan semua orang yang berada di dalam ruangan, sehingga lebih mudah dalam menyampaikan presentasi, demonstrasi produk, dan kegiatan lainnya. Agar presentasi kita dapat disimak oleh orang banyak, maka kita harus menghubungkan komputer ke proyektor LCD.

Tahapan untuk menyambungkan proyektor LCD ke Komputer adalah sebagai  berikut :

o    Hubungkan kabel listrik ke proyektor dan ke stopkontak listrik;

o    Sambungkan kabel proyektor ke komputer sesuai dengan port yang digunakan (port VGA/port HDMI). Port ini sering ditandai dengan dengan simbol monitor atau dengan kata “monitor”. Port pada proyektor akan terlihat sama dengan  yang ada di komputer. Pastikan ujung kabel terpasang dengan erat;

o    Buka tutup lensa pada proyektor

o    Tekan tombol power di panel proyektor atau remote, tunggu sampai lampu indikator berwarna hijau dan display tampil penuh ;

Tekan tombol ”input/source” di bagian atas proyektor atau pada remote untuk memilih input yang akan ditampilkan atau automaticsource dalam kondisi “On”, tunggu beberapa saat untuk pencarian input terdekat.

  d. Storage 

Seiring berkembangnya teknologi komputer, maka media storage device berkembang sangat pesat baik itu dari segi kapasitas dan bentuknya. Pada komputer storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal. Pada bagian ini, kita akan membahas media storage eksternal flashdisk.

Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang banyak digunakan saat ini, karena ukurannya yang kecil, ringan, mudah digunakan, dan mempunyai kapasaitas penyimpanan yang relatif besar dibandingkan disket atau CD.

Cara menghubungkan flashdisk ke komputer sangat mudah. Masukkan flashdisk tersebut ke port USB yang telah tersedia. Setelah flashdisk dikenali oleh komputer, kita sudah bisa memulai menyalin data dari flashdisk ke harddisk komputer kita atau sebaliknya.

e. Koneksi Internet

Koneksi internet adalah sebuah hubungan yang terjadi antara perangkat berbasis komputer dengan jaringan internet yang menghasilkan teknologi komunikasi antara keduanya. Syarat yang harus dimiliki agar terjadinya koneksi internet adalah perangkat berbasis komputer harus memiliki suatu protokol yang bernama TCP/IP, tanpa protokol ini tidak akan memungkinkan terjadinya koneksi internet.

SETELAH SELESAI MEMBACA, JAWAB SOAL DI BAWAH, OKS


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tampilan dan fungsi-fungsi bagian di dalam Scratch

  Pendahuluan berikut tampilan awal scratch Oks. pada blog kali ini kita akan bahas tentang tampilan dan fitur-fitur dari Scratch. di dalam sebuah proyek Scratch terdapat sprite yang akan diisi oleh script maupun audio, lalu apa itu Sprite ? Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram . Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang dirancang agar tampil interaktif seperti bergerak, memiliki suara dan lain-lain. Gambar Sprite Default adalah “Kucing Orange”. Sprite kucing ini bisa diganti dengan gambar lainnya. sprite default Scratch Development Environment Keterangan 1. Menu Anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan proyek yang anda buat, mengganti bahasa atau mencari tutorials. 2. Scripts/Deskripsi Blok Pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok pada kode (scripts) memiliki fungsi- fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah Motion, Looks, Sou

TRACER STUDY

Assalamu’alaikum Wr.Wb UPTD SMP Negeri 21 Depok yang sampai saat ini selalu berusaha menjamin layanan Pendidikan yang bermutu, baik aspek mutu lulusan, proses, pembelajaran maupun pengelolaan Pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan maka kami mohon kepada segenap pemangku kepentingan untuk mengisi kuesioner penelusuran mutu lulusan (Tracer Study). Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.wb Kepala Sekolah     Asep Enang Mulyana, S. Pd NIP. 196409281988031004 Terima kasih atas partisipasi Saudara/I, salam sehat sukses berkas selalu untuk Alumni SMP Negeri 21 Depok