Langsung ke konten utama

Cara Menyelesaikan Masalah Program Linear

Cara menyelesaikan masalah program linear dapat dikatakan sebagai proses untuk menentukan nilai optimum dari suatu pertidaksamaan. Nilai tersebut dapat berupa nilai maksimum atau minimum, tergantung dari soal yang diberikan. Bentuk umum fungsi objektif dari suatu model matematika adalah f(x,y) = ax + by.

Terdapat dua metode yang dapat digunakan untuk menentukan nilai optimum tersebut, yaitu metode uji titik pojok dan garis selidik. Penjabaran secara lebih jelasnya dapat dilihat pada pembahasan di bawah.

Metode Uji Titik Pojok

Sesuai namanya, metode uji titik pojok dilakukan dengan menghitung nilai fungsi tujuan dari titik pojok yang diperoleh. Titik pojok yang dimaksud di sini adalah titik-titik koordinat yang membatasi daerah layak dari suatu sistem pertidaksamaan linear.

Langkah – langkah yang dilakukan untuk menentukan nilai optimum dengan metode uji titik pojok adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan garis-garis sistem pertidaksamaan yang menjadi fungsi kendala dari persoalan yang diberikan.
  2. Menentukan titik-titik pojok yang merupakan koordinat pembatas daerah yang memenuhi fungsi kendala.
  3. Menghitung nilai optimum f(x,y) dari titik-titik pojok yang diperoleh.
  4. Mendapatkan nilai maksimum atau minimum sesuai permasalahan.

Contoh 1: Tentukan model matematika dari soal di bawah.

Sebuah adonan roti basah dibuat dengan 2 kg tepung dan 2 kg gula. Sedangkan sebuah adonan roti kering dibuat menggunakan 1 kg tepung dan 2 kg gula. Ibu memiliki persediaan tepung sebanyak 6 kg dan gula sebanyak 10 kg. Setiap satu adonan kue basah dapat memberikan untung Rp75.000,00 dan setiap adonan kue kering dapat memberikan untung Rp60.000,00.

Berapakah banyak kombinasi adonan roti yang dapat dibuat untuk mendapatkan keuntungan maksimal?

Pembahasan:

Kita akan membuat model matematika dari soal cerita di atas.

Misalkan:

  • x = adonan roti basah
  • y = adonan roti kering

Secara ringkas, kebutuhan untuk membuat roti basah (x) dan roti kering diberikan seperti tabel di bawah.


Dari tabel di atas dapat diperoleh model matematika dalam sebuah sistem pertidaksamaan matematika sebagai berikut.

  • x ≥ 0
  • y ≥ 0
  • 2x + y ≤ 6
  • x + y ≤ 5
    Jika setiap satu adonan kue basah dapat memberikan untung Rp75.000,00 dan setiap adonan kue kering dapat memberikan untung Rp60.000,00.
    Jadi, fungsi tujuannya adalah memaksimalkan f(x, y) = 75.000x + 60.000y.

    Menggambar daerah yang memenuhi sistem pertidaksamaan di atas.

    Materi Program Linear Matematika SMA

    Menentukan titik koordinat yang mennjadi titik pojok pembatas daerah layak dari permasalahan sistem pertidaksamaan.

    Titik Koordinat O, A, dan C dapat diperoleh dengan melihat gambar di atas, yaitu O(0,0), A(0, 5), dan C(3, 0). Sedangkan koordinat titik B dapat diperoleh dengan menggunakan metode eliminasi.

    Mencari koordinat titik B.

    Substitusi nilai x = 1 pada persamaan x + y = 5 untuk mendapatkan nilai y.

    x + y = 5
    1 + y = 5
    y = 5 – 1 = 4

    Diperoleh koordinat titik B adalah (1, 4)

    Perhitungan nilai optimum:

    Fungsi Objektif metode uji titik pojok

    Jadi, nilai keuntungan maksimum yang dapat diperoleh adalah Rp315.000,00 dengan membuat 1 (satu) adonan roti basah dan 4 (empat) adonan roti kering.

    2. Seorang pembuat kue mempunyai 8.000 gr tepung dan 2.000 gr gula pasir. Ia ingin membuat dua macam kue yaitu kue dadar dan kue apem. Untuk membuat kue dadar dibutuhkan 10 gram gula pasir dan 20 gram tepung sedangkan untuk membuat sebuah kue apem dibutuhkan 5 gram gula pasir dan 50 gram tepung. Jika kue dadar dijual dengan harga Rp 300,00/buah dan kue apem dijual dengan harga Rp 500,00/buah, tentukanlah pendapatan maksimum yang dapat diperoleh pembuat kue tersebut.

    Pembahasan : 

    Untuk mengetahui pendapatan maksimum, maka terlebih dahulu kita menyusun sistem pertidaksamaan dan fungsi tujuan dari soal cerita tersebut. Karena yang ditanya pendapatan maksimum, maka tentu harga jual kue merupakan fungsi tujuan pada soal ini. Untuk menyusun sistem pertidaksamaan, yang perlu kita lakukan adalah menentukan variabel dan koefisiennya. 

    Bahan yang tersedia:

    Tepung = 8 kg = 8000 g
    Gula = 2 kg = 2000 g

    Misalkan : 

    Jumlah kue dadar = x 
    Jumlah kue apem = y 

    Maka jumlah tepung, gula, dan harga jual merupakan koefisien. Agar lebih mudah, kita dapat memasukkan data yang ada pada soal ke dalam bentuk tabel seperti berikut : 


    Dari tabel di atas dapat disusun sistem pertidaksamaan sebagai berikut :

    20x + 50y = 800 ---> 2x + 5y ≤ 800
    10x +5y = 2000 ---> 2x + y ≤ 400
    x ≥ 0 dan y ≥ 0 

    dengan fungsi tujuan f(x,y) = 300x + 500y 

    Kemudian gambarkan sistem pertidaksamaan yang sudah disusun dalam grafik. 

    Untuk garis 2x + 5y = 800 
    x = 0, y = 160 ---> (0, 160) 
    y = 0, x = 400 ---> (400, 0) 

    Untuk garis 2x + y = 400 
    x = 0, y = 400 ---> (0, 400) 
    y = 0, x = 200 ---> (200, 0) 


    Sistem pertidaksamaan linear 

    Titik B merupakan titik potong garis 2x + 5y = 800 dengan garis 2x + y = 400 


    Selanjutnya substitusikan titik A, B, dan C ke fungsi tujuan : 

    A(0, 160) ---> F(x,y) = 300(0) + 500(160) = 80.000 

    B(100, 150) ---> F(x,y) = 300(100) + 500(150) = 105.000 

    C(200, 0) ---> F(x,y) = 300(200) + 500(0) = 60.000 

    Jadi, pendapatan maksimum yang bisa diperoleh pedagang kue itu adalah Rp 105.000,00.

    SEMOGA KALIAN MENGERTI SEMOGA BERKAH BELAJARNYA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tampilan dan fungsi-fungsi bagian di dalam Scratch

  Pendahuluan berikut tampilan awal scratch Oks. pada blog kali ini kita akan bahas tentang tampilan dan fitur-fitur dari Scratch. di dalam sebuah proyek Scratch terdapat sprite yang akan diisi oleh script maupun audio, lalu apa itu Sprite ? Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram . Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang dirancang agar tampil interaktif seperti bergerak, memiliki suara dan lain-lain. Gambar Sprite Default adalah “Kucing Orange”. Sprite kucing ini bisa diganti dengan gambar lainnya. sprite default Scratch Development Environment Keterangan 1. Menu Anda bisa membuat projek baru, membuka projek yang sudah anda simpan, menyimpan proyek yang anda buat, mengganti bahasa atau mencari tutorials. 2. Scripts/Deskripsi Blok Pada bagian kiri, anda akan melihat kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok pada kode (scripts) memiliki fungsi- fungsi yang berbeda, misalnya saja, perintah Motion, Looks, Sou

TRACER STUDY

Assalamu’alaikum Wr.Wb UPTD SMP Negeri 21 Depok yang sampai saat ini selalu berusaha menjamin layanan Pendidikan yang bermutu, baik aspek mutu lulusan, proses, pembelajaran maupun pengelolaan Pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan maka kami mohon kepada segenap pemangku kepentingan untuk mengisi kuesioner penelusuran mutu lulusan (Tracer Study). Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.wb Kepala Sekolah     Asep Enang Mulyana, S. Pd NIP. 196409281988031004 Terima kasih atas partisipasi Saudara/I, salam sehat sukses berkas selalu untuk Alumni SMP Negeri 21 Depok